7 Makanan Paling Dicari di Korea Utara


KOREA Utara (Korut) sepertinya kurang diperhitungkan dalam hal kelezatan kulinernya. Namun, Korut memiliki berbagai makanan tradisional, mulai berbasis mi, daging, hidangan laut, sayuran, dan sebagainya.

Tidak sedikit orang Barat melakukan perjalanan ke Korut hanya ingin mencoba cita rasa makanannya. Daripada Anda penasaran, yuk kenali ciri khas bahan-bahan yang biasa digunakan dalam kuliner Korut, seperti dilansir Ehow:

Mi
Hidangan satu ini sangat umum di Korut. Mi umumnya terbuat dari buckwheat (tepung kentang), yang dikenal sebagai dangmyeon dan sangat popular di Korut. Salah satu hidangan paling populer berbahan mi disebut naengmyeon. Mi yang digunakan untuk mengolah naengmyeon terbuat dari gandum. Ini disajikan dingin dengan sayuran, serta dominasi kaldu yang tajam, telur, dan daging.

Beras
Beras umumnya juga digunakan dalam hidangan Korut. Beras diolah dengan cara dikukus menjadi nasi sebagai makanan pokok. Beras juga bisa diolah dengan cara ditumbuk menjadi tepung, lalu diolah menjadi kue beras dikenal sebagai tteok. Ada juga hidangan nasi yang populer, yakni bibimbap yang terdiri dari campuran beras, sayuran, telur, serta daging.

Sayuran
Sayuran merupakan bahan hidangan yang paling banyak digunakan, mulai bayam, wortel, jamur, kubis, lobak, bawang, mentimun, paprika merah, dan hijau. Berbagai kacang dan tauge pun dikonsumsi, dengan cara ditaruh di piring. Ada juga kacang kedelai, kacang hijau, dan kacang azuki yang umum digunakan.

Daging
Daging sapi, ayam, dan babi umum digunakan dalam hidangan Korut. Metode persiapannya sangat bervariasi, bisa diolah dengan dididihkan, digoreng, atau dipanggang. Daging kadang direndam ataupun dikeringkan dan diasap. Bulgoki adalah salah satu bentuk barbekyu khas Korea.

Ikan dan seafood
Ikan atau makanan laut juga sering digunakan dalam masakan tradisional Korut, seperti ikan makarel dan herring yang populer dipanggang sedangkan kerang digunakan untuk kaldu dan minuman. Seafood juga dimakan mentah dan dicelupkan ke dalam kecap atau bumbu yang telah diolah, dinamakan gochujang. Juga, gurita hidup yang disebut sannakji.

Garnish dan bumbu
Berbagai hiasan dan bumbu digunakan untuk menambah rasa makanan Korut. Kecap, pasta kacang kedelai, minyak wijen, bawang putih, jahe, cuka, serta wine adalah bahan utama yang biasa digunakan untuk membuat makanan. Merica bubuk dan pasta cabai digunakan untuk memberikan rasa pedas ke berbagai makanan dan sangat mendominasi makanan di Korut.

Kimchi
Kimchi merupakan makanan paling dikenal dan paling banyak dikonsumsi di Korut. Kimchi biasanya disajikan sebagai lauk. Kimchi dibuat dengan cara dibentuk seperti sayuran dalam campuran jahe, bawang merah, bawang putih, dan cabai. Lebih dari 100 varietas berbeda di dalamnya dibuat berdasarkan resep tradisional kuno. Kimchi dipandang sebagai hidangan sehat lantaran bernilai gizi tinggi dan kaya vitamin C.(ftr)

http://www.okefood.com/read/2011/09/26/303/507249/303/7-makanan-paling-dicari-di-korea-utara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s