Arkeolog Temukan Makam ‘Zombie’ di Irlandia


DUBLIN – Para arkeolog telah menemukan makam ‘zombie’ di wilayah Roscommon, Irlandia, yang berasal dari abad ke-8.

Penemuan ini dilakukan oleh tim dari Institute of Technology Sligo, yang menemukan bahwa tengkorak-tengkorak di makam tersebut mulutnya dimasuki batu agar (menurut kepercayaan setempat) mencegah mereka untuk bangkit kembali. Demikian seperti yang dikutip dari Independent, Senin (26/9/2011).

Menurut arkeolog Chris Read, yang memimpin penggalian tersebut, pemakaman mengerikan tersebut memperlakukan perlakuan khusus kepada para mayat yang dikubur dengan alasan ketakutan bahwa jasad tersebut mampu bangkit kembali dan menakuti warga setempat.

Dalam kepercayaan Irlandia kuno, mulut dipandang sebagai jalur di mana jiwa bisa masuk dan meninggalkan tubuh, hingga akhirnya mereka menaruh batu besar di mulut mayat yang dimakamkan.

“Untuk kasus ini, batuan yang dimasukkan ke dalam mulut mungkin bisa dijadikan penghalang agar arwah-arwah gentayangan tidak bisa masuk ke dalam jasad,” jelas Read.

Di penemuan tersebut salah satu jasad berumur antara 40 sampai 60 tahun, sementara yang lain berumur 20 sampai 30 tahun, dan keduanya memiliki batu besar di dalamnya.

Penemuan dari tim yang dipimpin oleh Chris Read ini akan ditayangkan di saluran National Geographic pada awal tahun 2012 nanti. (ATA)

http://techno.okezone.com/read/2011/09/25/56/506830/arkeolog-temukan-makam-zombie-di-irlandia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s