Makanan Jepang Yang Populer Selain Sushi


RESTORAN Jepang sering menyajikan sushi atau daging dimasak dengan gaya Teppanyaki. Mereka menempatkan koki di depan konsumen seraya memperlihatkan kelihaian memasak sebagai ciri khasnya.

Sushi jelas merupakan makanan populer di Jepang dan hampir seluruh dunia. Selain sushi, terdapat beberapa makanan lain yang tak kalah populer. Berikut ini, seperti dilansir situs Ehow:

Ramen
Ramen sering hanya dikonsumsi orang-orang dari kalangan menengah ke bawah karena harganya yang murah. Namun, ramen merupakan makanan yang sangat populer di Jepang. Ramen berisi daging dan sayuran yang menyehatkan, sedangkan jenis kaldu yang digunakan cenderung bervariasi. Aroma kecap dan miso, serta garam berbasis kaldu adalah kunci kelezatannya.

Donburi
Donburi adalah nama Jepang untuk mangkuk nasi. Makanan ini hanyalah semangkuk nasi yang kemudian dimasak bersama daging dan sayuran di bagian atas. Salah satu versi donburi disebut oyako-don yang menampilkan ayam (orangtua atau oya) dan telur (anak atau ko). Anda juga dapat menambahkan nasi dengan daging sapi, bawang (gyudon), dan tempura.

Onigiri
Onigiri adalah sebuah kotak makan siang hidangan populer di Jepang dan banyak tersedia di toko-toko ketika Anda perlu makanan siap saji. Onigiri terdiri dari sebuah bola nasi dengan sedikit ikan atau plum di tengahnya kemudian dibungkus dalam rumput laut. Secara tradisional, onigiri yang dibentuk menjadi segitiga dan diisi salmon atau tuna.

Nabe
Nabe terdiri dari satu panci besar yang diisi daging dan sayuran yang direbus dalam kaldu. Beberapa toko menjual theoden, yakni nabe dengan kecap berbasis kaldu. Sukiyaki, shabu-shabu, dan chanko adalah bentuk lain dari nabe.

Chahan
Chahan adalah nama lain dari nasi goreng yang terdiri dari nasi, bumbu bawang, telur goreng, dengan sedikit kecap. Namun, Anda juga dapat membeli paket rasa chahan yang memungkinkan Anda membuat nasi goreng dengan rasa berbeda, seperti udang atau salmon.

Nasi kari
Meskipun bukan rasa asli dari Jepang, nasi kari masih merupakan hidangan populer. Kari Jepang agak manis daripada kari India. Sayuran dan daging direndam dalam saus kari kental kemudian disajikan di atas nasi. Jangan heran dengan menu kari kering, yang merupakan nama Jepang untuk nasi goreng dibuat dengan bubuk kari.

Tempura
Tempura adalah sayuran dan makanan laut yang dicelupkan ke dalam adonan kemudian digoreng. Tempura biasanya disajikan dengan saus tempura yang terbuat dari kecap, mirin, gula, dan ikan. Udang tempura adalah tempura seafood paling populer. Sementara, sayur tempura dapat terdiri dari paprika hijau, kentang, bawang, atau bambu muda.

Daging panggang
“Yaki” adalah kata Jepang untuk panggang. Yakiniku adalah ayam panggang yang biasanya ditusuk sebelum dipanggang. Yakizakana atau ikan bakar merupakan hidangan populer di resto Jepang menggunakan kompor khas Jepang, bukan oven.

Udon
Udon berbentuk tebal berbasis terigu mi disajikan dalam kaldu ikan bersama dengan rumput laut, sayuran, dan ikan.(ftr)

http://www.okefood.com/read/2011/09/23/303/506133/303/makanan-jepang-populer-selain-sushi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s