Reruntuhan Di Israel Ungkap Sejarah Awal Islam


Arkeolog temukan sebuah benteng di pesisir laut Mediterania di Israel. Benteng ini disebut-sebut sebagai benteng terakhir kekuatan awal Islam di wilayah itu.

Situs arkeologi antara kita Tel Adviv dan Ashdod, Yavneh-Yam, dikenal sebagai pelabuhan dari millennium kedua Sebelum Masehi (SM) hingga Abad Pertengahan. Namun temuan terbaru rumah pemandian yang menggunakan teknik Roma menguak hal baru.

Teknik lantai dan tembok yang dipanaskan pada temuan itu menunjukkan, penguasa Arab menjaga kendali situs itu hingga akhir periode Awal Islam pada abad ke-12. Fitur arsitektur yang ada menunjukkan kendali Arab pada situs tersebut di saat 70% lingkungan situs itu masih dikuasai prajurit perang salib Kristen, papar arkeolog Mosche Fischer.

Menurut ahli dari Tel Aviv University (TAU) itu, para prajurit tersebut tak membuat jenis pemandian seperti itu dan setelah akhir periode Awal Islam pemandian ini hilang.

Sumber Arab dari periode tersebut menyatakan, benteng ini digunakan untuk negosiasi pertukaran sandera antara kekuatan Arab dan prajurit perang salib Kristen.

Mengaitkan temuan arkeologi baru ini dengan bukti sejarah memberi ‘gambaran rumitnya hubungan yang ada di Tanah Suci yang dikelilingi para prajurit perang salib’ seperti dilaporkan

One response to “Reruntuhan Di Israel Ungkap Sejarah Awal Islam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s