Berkomunikasi dengan Pasangan Lewat Sentuhan

Komunikasi yang baik merupakan salah satu kunci untuk menguatkan hubungan asmara. Namun, komunikasi tidak harus selalu dilakukan dengan kata-kata atau ucapan, melainkan sentuhan. Sebuah studi yang dilansir Cosmopolitan Australia menunjukkan, ketika Anda ingin mengomunikasikan sesuatu yang penting kepada kekasih, cukup sentuh pada bagian tertentu tubuhnya.

Sentuhan selama lima detik, bisa menyampaikan maksud Anda dua kali lebih cepat daripada lewat perkataan. Menurut studi tersebut, beberapa sentuhan di daerah tertentu bisa lebih efektif mengekspresikan emosi seperti kebahagiaan, cinta atau kemarahan.

“Sentuhan adalah salah satu cara paling primitif dalam berkomunikasi, tapi juga paling efektif. Itu adalah bahasa pertama yang kita pelajari saat masih bayi, jadi secara naluriah kita bisa mengerti dengan cepat,” jelas David Givens, Ph.D., direktur Centre of Nonverbal Studies.

Secara gender, pria lebih sedikit berkata-kata daripada wanita. Jadi menurut David, menggunakan gerakan tubuh saat berkomunikasi dengan pria akan lebih efektif daripada Anda harus bicara panjang lebar. Sentuhan seperti apa yang bisa digunakan untuk membuat pria mengerti apa maksud Anda, tanpa harus berkata: ‘Kita harus bicara’? Ini delapan caranya.

1. Minta Maaf
Menyentuh dan meremas lututnya ketika minta maaf akan membuatnya merasa terhubung secara emosional dengan Anda. Jadi si dia akan lebih mudah menerima apa yang akan Anda katakan. Saat Anda memanjangkan tangan untuk menyentuh lututnya, otomatis tubuh akan sedikit menunduk ke depan.

“Postur ini akan memberi sinyal pada otaknya bahwa Anda sungguh-sungguh menyesal dan berharap dia memaafkan. Dia akan merasa dihargai dan akan lebih mudah menerima permintaan maaf dari Anda,” tutur David.

2. Meminta Si Dia Melakukan Sesuatu yang Tidak Disukainya
Genggam dan angkat tangannya ke dekat dada Anda, lalu posisikan satu tangan Anda di atas tangannya. Gerakan ini memproyeksikan kekuasaan dan kontrol, dengan menempatkan satu tangannya di antara kedua tangan Anda, maka tanpa dia sadari Anda telah memberi sinyal padanya bahwa dalam persoalan saat ini, Andalah pihak yang dominan. Hasilnya, dia jadi lebih mudah dibujuk dan menuruti kemauan Anda.

3. Menenangkan Saat Dia Kacau
Saat dia stres, depresi atau merasa hidupnya kacau karena suatu masalah, usap-usapkan tangan Anda di sekitar leher bagian belakang, tulang punggung dan rambutnya dengan cepat. Gerakan ini bisa dilakukan untuk menunjukkan kasih sayang, serta membuat dia merasa aman dan lebih tenang.

“Leher dan punggung adalah area dimana kita cenderung menaruh beban stres pada tubuh. Apapun yang diresahkannya, biasanya akan membuat lehernya sakit. Memberi sentuhan di area ini akan membantunya lebih rileks. Berikan sedikit pijatan saat melakukannya,” kata Tiffany Field, direktur Touch Research Institute di University of Miami.

4. Menghindari Pertengkaran atau Saat Si Dia Marah
Tempatkan tangan Anda di atas bahunya dengan siku tetap lurus. Tindakan ini seperti menekan tombol ‘pause’ di tengah-tengah argumen yang memanas. Lengan yang tetap lurus akan mencerminkan kekuatan dan membuat Anda lebih diperhatikan pasangan. Selain itu, gerakan ini juga membantu menenangkan si dia, karena bahu merupakan area ideal untuk disentuh ketika situasi tegang. Sentuhan di bahu mengendurkan tubuh yang mengencang. Sentuhan Anda akan mengingatkannya akan ikatan emosional antara Anda berdua dan meredakan amarahnya.

5. Menunjukkan Rasa Cinta
Dengan lembut, letakkan telapak tangan Anda di pipinya. Wajah merupakan area yang sangat sensitif pada tubuh pria. Bagian ini banyak terdapat folikel rambut yang membuat wajah pria lebih sensitif dibandingkan wanita. Sentuhan tangan pada pipi juga dinilai sebagai gerakan yang romantis, dan biasanya ini dilakukan pria saat ingin mencium pasangannya.

“Wajah adalah area intim yang paling emosional dari bagian tubuh lainnya. Jadi memegang wajahnya dari dekat akan mengomunikasikan perasaan yang sangat dalam dan ikatan erat antara Anda dengannya,” ujar Tiffany. (hst/hst)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s