Tips Agar Tak Cepat Lelah Saat Jam Kantor

Rasa kantuk atau lelah saat jam kantor mungkin sering dialami kebanyakan pekerja kantoran. Hal ini bisa disebabkan kurangnya tidur di malam hari, atau energi tubuh yang belum terisi penuh. Agar selalu segar sepanjang hari di kantor, lakukanlah enam tips ini.

1. Biasakan Sarapan
Sarapan dengan makanan yang kaya akan serat membuat seseorang menjadi lebih siaga. Sebuah studi di Cardiff University mengatakan bahwa objek studi yang memakan sereal kaya serat di pagi hari menunjukkan tingkat kelelahan menurun 10 persen. Selain itu, mereka juga tidak mudah mengalami depresi dan keterampilan kognitifnya meningkat.

2. Coffee Latte Ukuran Kecil
Menurut ahli perilaku tidur, Harris R. Lieberman, PhD, meminum kopi 200 gram setiap jam akan membantu Anda tetap terjaga, waspada dan fokus dibandingkan langsung menghabiskan satu kopi ukuran besar sekaligus. “Ketika Anda meminum kopi besar dengan cepat, kafein akan memuncak pada aliran darah dengan cepat dibandingkan jika Anda meminumnya seteguk demi seteguk,” ujar Harris.

3. Makan Lebih Sering
Jika Anda biasanya hanya makan tiga kali dalam sehari, maka pada saat kekurangan energi di kala bekerja, sebaiknya Anda makan lebih banyak dari hari biasanya. Namun makanlah dengan porsi yang kecil. Setiap makanan harus mengandung beberapa karbohidrat, protein dan lemak tak jenuh.

4. Minum Air Putih
“Setengah dari orang yang datang ke saya dan mengeluh soal kelelahan ternyata mengalami dehidrasi,” ujar Woodson Merrell, MD,direktur eksekutif di Continuum Center for Health and Healing di Beth Israel Medical Center, New York. Menjaga diri agar tetap terhidrasi merupakan cara yang mudah untuk tetap berenergi dan tetap fokus.

5. Minum Teh
Teh juga bisa menjadi alternatif selain air dan kopi untuk melawan kelelahan. Sebuah studi di University College London melaporkan bahwa kafein dan asam amino L-theanine yang terdapat pada teh mengurangi kelelahan pada mental dan meningkatkan kewaspadaan, reaksi dan ingatan. Orang yang meminum kopi empat kali sehari selama enam hari mempunyai tingkat hormon stres yang lebih rendah.

6. Berjalan
Sempatkanlah berjalan-jalan selama jam kantor, minimal 5-10 menit. Sebuah penelitian melaporkan bahwa wanita yang melakukan jalan cepat selama 70 menit dalam seminggu (10 menit sehari) mendapatkan 18 persen energi lebih banyak daripada yang tidak. Mereka juga merasa pikirannya lebih jernih dan percaya diri. (hst/hst)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s