Wanita Butuh Tidur Lebih Lama dari Pria

Wanita butuh tidur 20 menit lebih banyak ketimbang pria. Otak wanita yang lebih kompleks dan gemar mengerjakan banyak hal secara bersamaan, membuatnya harus istirahat lebih banyak.

Hal tersebut dikatakan oleh Profesor Jim Horn dari Sleep Research Centre, Loughborough University. Menurutnya semakin sering otak digunakan, semakin banyak sel-sel otak yang harus diistirahatkan.

“Wanita lebih banyak melakukan pekerjaan dalam satu waktu. Mereka juga menggunakan otaknya lebih sering daripada pria. Untuk itulah, waktu tidurnya pun harus lebih banyak,” kata Professor Jim Horn, seperti dikutip dari New York Daily News.

Sebenarnya, pria juga butuh waktu tidur lebih banyak ketika ia melakukan banyak pekerjaan yang membutuhkan pemikiran berat. Tetapi walau bagaimanapun, tetap saja tidak sebesar dan seberat yang dilakukan wanita.

“Wanita punya lebih banyak komitmen untuk mengerjakan sesuatu, contohnya seorang istri baru bisa tidur setelah semua pekerjaan rumahnya selesai,” ujar Michael Breus, pengarang buku ‘Beauty Sleep: Look Younger, Lose Weight, and Feel Great Through Better Sleep’.

Dalam jurnal The American Academy of Sleep Medicine, peneliti dari North Carolina menyebutkan bahwa wanita lebih sering terganggu tidurnya daripada pria. Salah satu pengganggu tidur wanita adalah dengkuran pria yang tidur di sampingnya.

Wanita hamil juga lebih sulit tidur karena posisi perutnya yang tidak nyaman. Selain itu, seorang ibu juga lebih sensitif dan akan terbangun saat anaknya menangis. Tetapi menurut Horne, hal itu justru menyebabkan otak wanita lebih lambat mengalami penuaan daripada pria.

“Seorang wanita berusia 75 tahun akan memiliki struktur otak yang sama dengan pria berusia 70 tahun. Itu artinya, otak pria lebih cepat tua dibandingkan wanita yang berarti risiko pikun lebih besar terjadi pada pria,” jelas Horne.

Menurut detikhealth, rata-rata orang dewasa butuh tidur enam hingga delapan jam tiap harinya, tapi hal tersebut kembali pada masing-masing kebutuhan individu. Namun yang pasti, jika merasa otak sudah terlalu sering terpakai, maka istirahatkanlah lebih banyak dari biasanya. (eya/eya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s