10 Fakta tentang Lady Gaga

Semenjak menelurkan album ‘The Fame’ pada 2008 lalu, nama Lady Gaga langsung meroket menjadi salah satu musisi paling berpengaruh di dunia saat ini. Berikut ini sejumlah fakta menarik tentang si ‘Mother Monster’.

1. Pemilik nama lengkap Stefani Joanne Angelina Germanotta itu keluar dari Universitas New York pada usia 19 tahun. Gaga beralasan ingin konsentrasi pada karier musiknya. “Aku pikir, aku bisa mengajari diriku sendiri tentang seni lebih baik dari yang diajarkan sekolah,” ujarnya kepada majalah Elle.

Hal tersebut dibuktikan Gaga dengan bergabung bersama Def Jam Recordings. Setelah tiga bulan, ia keluar dari label tersebut dan masuk Interscope Records pada ulang tahunnya yang ke-20. Gaga langsung meroket dengan single “Just Dance”.

2. Lagu ‘Born This Way’ dari album ketiganya terinspirasi dari lagu gay disko Carl Bean ‘I Was Born This Way’ pada 1977 silam. Gaga mengklaim menulis lagu tersebut hanya 10 menit saja.

3. Gaga memiliki alasan mengapa ia mengenakan kostum yang unik, seksi dan nyentrik dalam setiap penampilannya. Penyanyi berusia 26 tahun itu ingin agar sang nenek bisa melihatnya di televisi.

4. Busana Gaga yang paling terkenal yang dibuat dari seratus persen bahan daging memiliki berat 22,6 kilogram. Gaun dari daging itu digunakan Gaga untuk menyuarakan dukunganya pada LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender).

5. Seluruh kostum yang digunakan Gaga dalam tur Monster Ball diciptakan tim kreatifnya Haus of Gaga, dan menghabiskan dana sekitar US$ 3 juta atau sekitar Rp 28 miliar.

6. Gaga mengaku seorang biseksual, dan menuangkannya lewat lagu ‘Poker Face’. “Fakta bahwa aku menyukai perempuan, mereka semua (yang protes) merasa terintimidasi. Itu membuat mereka tak nyaman,” ujarnya kepada majalah Rolling Stone.

7. Penyanyi yang pernah satu sekolah dengan Paris dan Nicky Hilton itu pernah diamankan kepolisian Chicago karena memakai pakaian yang terlalu vulgar di muka umum. Video musik ‘LoveGame’ miliknya dilarang mengudara di stasiun televisi Australia Network Ten karena mengandung unsur seksual.

8. Gaga pernah menghabiskan US$ 1.000 atau sekitar Rp 9,3 juta untuk membeli pizza bagi para penggemarnya yang mengantri untuk meminta foto.

9. Selain dikenal karena kontroversinya, Gaga juga memiliki hati yang mulia. Ketika Haiti dilanda gempa bumi pada 2010 silam, Gaga membuat konser amal di Radio City Music Hall, New York. Ia juga memberikan seluruh keuntungan penjualan online dari situs pribadinya untuk Haiti. Total Gaga mengumpulkan US$ 500 ribu atau sekitar Rp 4,7 miliar untuk Haiti.

10. Gaga membentuk sebuah yayasan non-profit bernama Born This Way Foundation. Nama Born This Way diambil Lady dari album dan single-nya yang dirilis pada 2011. Yayasan tersebut fokus pada pemberdayaan remaja dan isu-isu seperti percaya diri, perlakuan baik, anti-bullying, mentoring, dan juga pembentukan karier.(ich/mmu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s