Fakta Stadion Allianz Arena

Inilah Fakta Allianz Arena. Stadion yang akan menyajikan momen spesial pada laga final Liga Champions antara Bayern Munich melawan Chelsea, 2012.

– Total kapasitas Allianz Arena adalah 69.901 penonton yang terdiri dari tribun berdiri dan 66 ribu kursi, termasuk boks eksekutif dan kursi bisnis. Terdapat pula 165 kursi spesial untuk orang difabel dekat jalan masuk stadion tanpa melewati tangga.

– Kursi stadion semuanya baru diciptakan oleh arsitek Herzog & de Meuron khusus untuk Allianz Arena. Kursi tersebut memiliki rancangan yang unik dan sama. Bila di stadion lain, kursi standar dan tempat duduk kotak umumnya memiliki rancangan yang berbeda, tiga bentuk tempat duduk yang berbeda digunakan di Allianz Arena (kursi lipat standar, kursi VIP dan kursi kotak) semua memiliki penampilan seragam.

– Rumput menutupi 72×111 meter. Untuk lapangan hanya 68×105 meter.

– Jarak antara tepi lapangan (dimensi 68 x 105 meter) dan deretan kursi baris pertama hanya enam meter dari lapangan dan delapan meter di belakang gawang.

– Selubung dan atap Allianz Arena total seluas 66.500 meter persegi, untuk mewadahi 2.760 panel yang menggelembung. Lalu, ada pula panel yang bisa menyala dengan warna biru, putih, dan merah, sebanyak 1.056 panel. Total area yang berpendar warna-warni seluas 25.500 meter persegi. Ini merupakan atap terbesar yang menggunakan bahan foil.

– Ruang terbuka atau Esplanade. Pintu masuk sepanjang 543 meter dan lebar 136 meter yang menyerupai lahan hijau itu berada di sisi esplanade. Pengunjung dapat mengakses ke Allianz Arena langsung dari parkir bertingkat, area parkir bus atau stasiun bawah tanah.

Rumput

Rumput menutupi area selebar 72 meter dan sepanjang 111 meter (luas lapangan 68×105 meter), disesuaikan dengan area sekitar 8.000 meter persegi. Bagian rumput tersebut berukuran lebar 2,20 meter dan panjang 15 meter dikirim dengan bentuk 250 gulungan, setiap gulungan berbobot 1,2 ton. Sebanyak 20 pengangkut berat diperlukan mengangkut rumput. Sembilan pengangkut dapat menyelesaikan tugas itu dalam sehari, sementara pengangkut biasa pada umumnya membutuhkan dua setengah hari.

Rumput Powerturf bertebal 30 milimeter dan dikembangkan secara khusus dari tiga jenis rumput berbeda yang lebar dan ekstra keras sehingga dapat tumbuh dengan baik di tempat teduh. Juga tahan dengan intensitas pemakaian yang tinggi.

Begitu rumput diletakkan, lapangan bisa langsung dipakai. Akar mulai tumbuh setelah dua hari dan rumput sudah benar-benar mengakar kuat di tanah setelah dua pekan. (ham)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s