7 Fakta Menarik Rivalitas Manchester United vs Arsenal

Rivalitas Manchester United vs Arsenal adalah salah satu rivalitas terbesar dalam sejarah sepakbola Inggris. Pertempuran keduanya selalu sengit dan penuh drama.

Meski kedua klub sudah bertemu sejak 1919, namun rivalitas keduanya semakin meruncing mulai era 1990-an. Laga pada tahun 2003 dan 2004 bahkan bisa dikatakan yang paling keras karena banyaknya insiden yang terjadi.

Berikut 7 fakta menarik MU vs Arsenal:

1. Battle of Old Trafford

Battle of Old Trafford adalah sebutan media-media Inggris terhadap partai MU vs Arsenal yang berlangsung pada 21 September 2003. Dalam partai ini kedua tim bermain imbang 0-0. Kapten Arsenal, Patrick Vieira, diusir wasit dalam laga ini.

Pada menit 80, Ruud van Nistelrooy menaiki punggung Vieira saat memperebutkan bola udara. Setelah terjatuh, Vieira kemudian berusaha menendang Van Nistelrooy, tapi bomber asal Belanda itu menghindarinya. Wasit pun memberikan kartu kuning kedua untuk Vieira karena menganggap pemain asal Perancis itu sengaja ingin melukai Van Nistelrooy.

Tensi semakin memanas di akhir laga. Bek The Gunners, Martin Keown, menjatuhkan Diego Forlan di kotak penalti. Wasit pun menunjuk titik putih dan Van Nistelrooy yang kemudian maju sebagai algojo gagal menyelesaikan tugasnya.

Usai tendangannya tak masuk, sejumlah pemain Arsenal langsung mengepung Van Nistelrooy. Martin Keown, Lauren, Ray Parlour, Ashley Cole dan Kolo Toure terus melakukan intimidasi. Para pemain MU tak terima dan langsung melindungi Van Nistelrooy.

Ryan Giggs, Cristiano Ronaldo, Gary Neville, Mikaël Silvestre, Quinton Fortune dan Rio Ferdinand terlibat aksi saling dorong dengan pemain The Gunners. Akibat insiden ini FA lalu menghukum enam pemain Arsenal dan dua pemain MU.

2. Battle of the Buffet

Battle of the Buffet adalah sebutan media-media Inggris terhadap partai MU vs Arsenal yang berlangsung pada 24 Oktober 2004 di Old Trafford. Partai ini begitu dikenang karena Setan Merah sukses mengakhiri rekor tak terkalahkan Arsenal dalam 49 pertandingan beruntun di Premier League. Setan Merah menang dengan skor 2-0.

Gol-gol MU dicetak Van Nistelrooy dan Wayne Rooney. Sesuai laga, bek Arsenal, Sol Campbell, menolak berjabat tangan dengan Rooney. Tensi lalu memanas di lorong pemain di mana manajer MU, Sir Alex Ferguson, dilempar pizza dan saus tomat oleh salah satu pemain Arsenal dan karena itulah laga ini dinamakan Battle of the Buffet.

Tujuh tahun berselang baru diketahui bahwa pemain yang menjahili Fergie adalah Cesc Fabregas yang kini membela Barcelona.

3. Ryan Giggs
Nama pemain di atas adalah pemain yang paling sering tampil dalam laga MU vs Arsenal. Total, pemain asal Wales itu tampil 49 kali dalam laga penuh gengsi ini.

4. Kemenangan Terbesar
Pada 28 Agustus 2011 rivalitas MU dan Arsenal diwarnai rekor baru. Setan Merah sukses meraih kemenangan dengan skor telak 8-2. Ini adalah rekor kemenangan terbesar sepanjang sejarah pertemuan kedua klub.

Gol-gol MU saat itu dicetak Wayne Rooney (tiga gol), Ashley Young (dua gol), Danny Welbeck, Park Ji-Sung dan Nani. Adapun gol Arsenal dicetak Theo Walcott dan Robin van Persie.

5. Pemain Yang Menyebrang
Pemain pindah di antara kedua klub yang memiliki rivalitas cukup jarang terjadi. Hal ini juga berlaku pada rivalitas MU vs Arsenal. Selama 93 tahun bersaing, baru 12 pemain yang memiliki ‘nyali” untuk menyebrang.

Dari Arsenal ke MU:
David Herd (1961)
Ian Ure (1969)
George Graham (1972)
Frank Stapleton (1981)
Viv Anderson (1987)
Matt Wicks (1995)
Robin van Persie (2012)

Dari MU ke Arsenal:
Jimmy Rimmer (1974)
Brian Kidd (1976)
Jim Leighton (1991)
Matt Wicks (1996)
Mikaël Silvestre (2008)

6. Top Skorer
Legenda Arsenal, Thierry Henry, adalah top skorer di laga ini. Pemain asal Perancis itu sukses mencetak delapan gol. Torehan ini sebanding dengan catatan milik Rooney yang juga membukukan delapan gol.

Daftar Top Skorer:
Thierry Henry (Arsenal 8 gol)
Wayne Rooney (Manchester United 8 gol)
Fredrik Ljungberg (Arsenal 4 gol)
Park Ji-Sung (Manchester United 4 gol)
Cristiano Ronaldo (Manchester United 4 gol)
Teddy Sheringham (Manchester United 4 gol)
Dennis Bergkamp (Arsenal 3 gol)
Roy Keane (Manchester United 3 gol)
Lee Sharpe (Manchester United 3 gol)
Robin van Persie (Arsenal 3 gol, sekarang membela MU)
Dwight Yorke (Manchester United 3 gol)

7. Head to head
Sepanjang sejarah, kedua klub total sudah bertemu 214 kali. MU masih unggul head to head dengan kemenangan mencapai 90 kali. Adapun The Gunners meraih 78 kemenangan, sementara 46 laga lainnya berakhir imbang. [viva]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s