Hati-hati, Napas Bau Pertanda Miliki Penyakit Kronis

MASALAH pada mulut dan gigi tidak hanya menjadi pertanda kurangnya kebersihan mulut. Para ahli mengingatkan bahwa beberapa masalah yang tampak sepele bahkan bisa menjadi pertanda sejumlah penyakit serius.

Dari mulai warna gigi, kondisi gusi dan mulut dapat memberitahu Anda tentang kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan, kata Dr Sameer Patel, Direktur Klinis di Elleven Dental, London.

Bau mulut

Bau mulut bisa menjadi gejala dari sesuatu yang lebih serius dan menunjukkan penyakit di tempat lain dalam tubuh. Masalah tersebut seperti gangguan lambung, gangguan pencernaan, dan penyakit hati. Penyakit atau gangguan tersebut memang sering tidak menunjukkan gejala lain pada tahap awal.

Mulut kering

Meskipun mulut kering sering dapat dikaitkan dengan dehidrasi dan faktor-faktor lain seperti konsumsi alkohol dan merokok, kurangnya air liur yang cukup merupakan salah satu gejala awal diabetes.

Diabetes menyebabkan pembuluh darah di kelenjar ludah menebal dan memperlambat produksi alami air liur. Hal ini dapat membuat gusi lebih rentan terhadap infeksi. Gejala lain termasuk haus yang berlebihan, kesemutan di tangan dan kaki, sering buang air kecil dan penglihatan kabur.
Gigi tipis dan bergerigi

Stres emosional atau psikologis juga dapat diluapkan ketika kita tidur. Menggertak gigi tanpa sadar saat tidur dapat menjadi tanda dari stres. Jika sering, ini dapat menyebabkan gigi menjadi tipis dan bergerigi. (sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s