Segudang Manfaat Jika Rutin Makan Seledri

Seledri mungkin bukan makanan favorit banyak orang. Sayuran hijau ini juga kurang populer dalam pembahasan tentang makanan sehat karena hanya dianggap sebagai bahan pelengkap atau tambahan dalam makanan. Seledri memang lebih sering digunakan untuk taburan pada makanan berkuah seperti sup, bakso atau soto. Terkadang juga dijadikan campuran dalam salad sayuran.

Banyak yang belum tahu kalau tanaman berbentuk batangan ini ternyata punya manfaat yang hebat bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin. Dijadikan campuran salad, dimakan bersama selai kacang atau dibuat jus, seledri sudah selayaknya masuk dalam menu diet harian Anda. Kenapa?

1. Membantu Turunkan Berat Badan
Satu batang penuh seledri hanya mengandung 10 kalori sehingga aman dikonsumsi bersama bahan lainnya. Anda bisa menikmatinya dengan saus mayonnaise, Thousand Islands, selai kacang, minyak zaitun, salsa atau jenis dressing lainnya. Makanan ini bisa jadi pengganti camilan manis atau asin yang mengenyangkan tanpa menambah asupan kalori berlebihan.

2. Mengurangi Kolesterol
Seledri mengandung butylphthalide, zat yang memberi aroma dan rasa yang khas. Sebagian orang tidak suka dengan aromanya yang sedikit langu namun zat ini berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Makan dua batang seledri setiap hari bisa mengurangi tingkat kolesterol hingga tujuh poin. Sebagai informasi, kadar kolesterol normal adalah di bawah 200 mg/dl sementara kadar kolesterol tinggi yang cukup mengkhawatirkan di atas 240 mg/dl.

3. Menurunkan Tingkat Stres
Sayuran yang renyah ini kaya akan magnesium dan asam lemak esensial yang bisa membantu menenangkan pikiran. Konsumsilah 1-2 batang seledri sebelum tidur untuk membantu mengurangi stres sehingga tidur Anda bisa lebih nyenyak.

4. Aman untuk Penderita Hipertensi
Seledri mengandung banyak sodium, tapi jenis yang alami dan lebih sehat ketimbang garam dapur atau garam meja. Orang dengan tekanan darah tinggi disarankan mengurangi konsumsi garam tapi aman jika sodiumnya berasal dari seledri.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata
Seledri kaya akan vitamin A yang bisa membantu mempertajam penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Makan seledri secara rutin juga membantu mencegah atau memperlambat mata rabun karena faktor usia.

6. Sumber Energi yang Sehat
Daripada minuman berenergi atau sports drink, lebih baik meminum jus seledri untuk memulihkan sistem tubuh Anda setelah berolahraga. Seledri bisa menggantikan cairan elektrolit yang hilang melalui keringat dan menutrisi tubuh dengan kandungan mineralnya yang kaya. Agar rasanya lebih enak Anda bisa mencampur jus seledri dengan perasan lemon, potongan nanas dan ditambah sedikit madu.

7. Menjaga Fungsi Ginjal
Selain cukup minum air putih, sayuran juga penting untuk menjaga fungsi ginjal. Salah satunya seledri, sayuran ini membantu menyingkirkan racun-racun di dalam tubuh sehingga meningkatkan fungsi ginjal sekaligus mencegah pembentukan batu ginjal.

8. Meningkatkan Kinerja Sistem Pencernaan
Kandungan utama seledri adalah serat dan air. Kedua substansi itu sangat baik untuk menjaga kesehatan dan melancarkan sistem pencernaan. Seledri juga melancarkan buang air besar dan bersifat diuretic (menambah frekuensi buang air kecil) untuk memaksimalkan pembersihan racun serta sisa makanan tak bermanfaat di dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya konstipasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s