Tips Berbelanja Pakaian dan Jilbab yang Perlu Diperhatikan Hijabers

Berbelanja setiap bulan sudah menjadi kebutuhan modern saat ini. Bahkan beberapa wanita selalu belanja yang bukan kebutuhan penting tapi demi melengkapi item fashion di lemari masing-masing. Hal tersebut tentu mempengaruhi siklus keuangan Anda.

Agar tidak menjadi wanita boros, cobalah menjadi smart shopper atau pembeli cerdas. Begitu pula ketika membeli hijab. Terkadang beberapa hijabers membeli jilbab bukan karena butuh tapi hanya diskon, murah, atau nafsu sesaat. Ternyata ketika dipakai, jilbab tersebut kurang cocok dengannya sehingga hanya akan menjadi hiasan di lemari.

Tidak hanya boros, wanita berhijab juga sebaiknya menghindari membeli busana pendek atau ketat. Berikut lima hal yang penting diperhatikan hijabers ketika berbelanja.

1. Tidak Beli Busana Berpotongan Pendek
Desainer busana muslim yang selalu berpenampilan syar’i, Irna Mutiara, mengatakan bahwa ketika memutuskan untuk berhijab sebaiknya sudah tahu akan konsekuensinya. Berbusana disarankan yang menutup semua lekuk tubuh dalam arti tidak ketat dan pendek.

Busana pendek yang dimaksud di sini bukan hanya potongan di bagian perut tapi juga perhatikan lengannya. Hindari memilih busana dengan lengan tiga per empat atau sedikit di atas pergelangan tangan. Begitu juga potongan di bagian leher pilih yang tidak rendah.

Jika ingin mengikuti tren seperti memakai crop top yang tentu memiliki potongan pendek, pilihlah yang longgar dan lengan panjang. “Kalau ingin pakai cropped jacket pilih yang lengan panjang jangan pendek supaya nggak pakai manset-manset lagi yang ketat dan bisa memperlihatkan lekuk lengan juga perut,” tutur Irna saat berbincang dengan Wolipop di kawasan Menteng, Jakarta Selatan.

2. Tidak Beli Busana yang Ketat
Ketika sudah berjilbab, hindari mengenakan busana yang ketat. Oleh karena itu, saat berbelanja sebaiknya tidak membeli busana yang ketat. Legging juga sebaiknya dihindari karena beberapa hijabers terkadang tanpa sadar tetap memakainya sebagai celana luar yang membuat lekuk kaki terekspos. Meski tujuannya membeli legging sebagai dalaman tapi sebaiknya tidak perlu memiliki lebih dari dua item. Ketika memakai rok panjang dan ingin menggunakan celana panjang sebagai dalaman bisa memilih celana pensil atau berpotongan lurus.

3. Apa Sesuai Dipadukan dengan Jilbab?
Seperti dikutip dari Haute Hijab, coba pertanyakan kepada diri sendiri apa pakaian yang ingin dibeli bisa dipadukan dengan jilbab? Sebagai contoh, busana saat ini banyak yang memiliki cut-out di bagian belakang atau lengan. Ada pula belahan rok tinggi yang bisa membuat orang lain berimajinasi walaupun dipadukan dengan celana. Pertimbangkan kembali apa hal tersebut tidak merepotkan Anda?

Irna Mutiara pun menyarankan agar sebaiknya tidak mengenakan pakaian yang seolah-olah seksi. “Kalau busana muslim sebaiknya hindari menggunakan pakaian yang seolah-olah seksi. Jadi misalnya rok belahan paha tinggi walaupun pakai celana tapikan seolah-olah terbuka. Itu mengundang,” tutur pemilik label ‘Irna La Perle’ itu.

Irna melanjutkan, walaupun sebenarnya boleh saja diterapkan tapi sebaiknya dihindari karena kurang pantas. Oleh sebab itu, hindari membeli busana yang sebenarnya kurang pantas untuk seorang muslimah.

4. Pilih Warna Busana yang Sesuai dengan Jilbab
Sesuaikan warna pakaian dengan jilbab yang Anda miliki. Jika tidak maka pengeluaran akan lebih banyak terutama saat pakaian tersebut sebenarnya tidak dibutuhkan hanya karena senang melihat modelnya saja. Begitu pula sebaliknya, pilih jilbab yang sesuai dengan warna pakaian di rumah.

5. Tidak Membeli Jilbab yang Sama
Percayalah, beberapa hijabers memiliki jilbab dengan model dan warna yang sama dalam lemari mereka. Itu bisa membuat Anda menjadi lebih boros terutama bila jilbab tersebut bukanlah warna netral. Oleh sebab itu, ketika ingin berbelanja jilbab, cek dahulu isi lemari Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s