Tips Merias Wajah untuk Pengguna Lensa Kontak

Wanita yang menggunakan lensa kontak disarankan untuk berhati-hati ketika menerapkan riasan, terutama pada bagian mata. Karena jika tidak, produk kosmetik bisa menyebabkannya iritasi, berair, hingga gatal. Selain diharapkan waspada dalam pemilihan make-up, pemakai lensa kontak juga sebaiknya menyesuaikan warna riasan dengan warna lensa kontak. Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan ketika merias wajah saat menggunakan lensa kontak? Intip tujuh tipsnya berikut ini:

1. Pilih yang Bebas Minyak
Dikutip dari Byrdie, pengguna lensa kotak disarankan untuk menerapkan riasan yang berfomula bebas minyak. Mengapa? Karena minyak bisa ‘berjalan-jalan’ ke penjuru wajah dan berujung di bagian mata. Akibatnya lensa Anda bisa blur sehingga penglihatan juga menjadi kurang jelas.

2. Gunakan Produk Bertekstur Krim
Selain memilih yang oil-free, jika bisa pilih pula yang bertekstur krim. Hal tersebut disebabkan karena produk yang bertekstuk bubuk atau powder bisa menempel di bagian bulu mata lalu masuk ke mata. Bubuk-bubuk tersebut bisa terjebak di lensa kontak Anda. Untuk itu, cari eye shadow bertekstur krim yang cukup banyak disediakan berbagai merek kecantikan ternama.

3. Perhatikan Maskara
Lalu perhatikan pula maskara Anda. Hindari produk yang menimbulkan gumpalan dan menciptakan hasil yang terlalu kaku. Produk seperti itu bisa menyebabkan serpihan maskara jatuh dan masuk ke mata. Untuk itu, disarankan agar pengguna lensa kontak memilih maskara dengan formula tradisional dengan sikat plastik. Kemudian angkat kelopak mata ketika menerapkan maskara agar maskara tidak masuk ke dalam.

4. Hindari Eyeliner Pensil
Ada baiknya pula untuk menghindari mengenakan eyeliner berwujud pensil. Apalagi untuk bagian bawah mata. Hal tersebut ditakutkan akan membuat lensa kontak menjadi kotor dan menimbulkan masalah. Solusinya, Anda bisa mencoba eyeliner dengan formula gel.

5. Riasan Nude
Menurut penata rias selebriti Scott Barnes, sebaiknya pengguna kontak lensa berwarna terang menerapkan riasan berpalet nude dan minimalis. Tampilan itu akan lebih menonjolkan warna mata. Hinari make-up yang terlalu dramatis karena bakal terlihat berlebihan.

6. Highlight
Make-up memang bisa menonjolkan warna mata. Scott pun menyarankan riasan bernuasa monokrom atau perak. “Coba blush on dengan warna peach atau bronzer yang berkilau. Anda akan terkejut seberapa banyak mereka bisa menonjolkan mata Anda,” saran Scott.

7. Eyeshadow Ungu
Orang yang menggunakan lensa kontak tak jarang ingin menonjolkan tampilan matanya. Untuk itu, jangan menerapkan eye shadow yang warnanya sama dengan warna mata Anda. Bagi Anda yang tidak ingin terlihat terlalu minimalis dengan riasan mata nude, bisa mencoba palet ungu. Menurut Scott, ungu adalah warna yang aman dan tidak akan terlihat berlebihan, terutama untuk mata cokelat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s